Banyak Uang Saja Tak Cukup
![]() |
| pic via. Google |
Ada di bagian pembelian material seperti kayu dan
melibatkan orang-orang daerah benar-benar membuat saya kadang gulung-gulung di
lantai kantor. Bukan artinya karena mereka ada di daerah terpencil lantas
membuat saya ogah berkomunikasi. Bukan, bukan begitu maksudnya. Tapi lebih ke
rasa gemes geregetan saat berkomunikasi dengan mereka. Memang tak semua supplier
daerah begitu susah diajak komunikasi, tapi kebanyakan sih begitu. *dibalang
balok*
Posisi saya lebih gampang dikenalnya berhubungan dengan
orang-orang kaya, orang-orang yang punya banyak duit karena dalam sekali
pengiriman saja bisa sampai transaksi puluhan juta. Harus hati-hati menjaga
emosi, menjaga ucapan. Karena sedikit salah ngomong, runyam.
Suplier saya ini macam-macam orangnya, dari berbagai
daerah juga. Sebut Lumajang yang
daerahnya masih banyak dijumpai pohon-pohon yang tinggi dan tentu dua supplier andalan
saya ada di daerah ini. Juga ada Blitar, Jember, Malang hingga Banyuwangi.
Tentu saja, dalam masa dua tahun ini sudah hafal sekali bagaimana sifat-sifat
mereka ini. Dan kebanyakan, ngeselin.
Ada yang santai banget, buat invoice kadang telat jadi
pembayaran rapel di minggu depan. Ada yang belum kirim tapi udah rewel minta
bayar, kiriman telat, kualitas kayu buruk. Ada. Ada yang sampe curhat masalah susahnya
cari kayu dan pembayaran hingga masalah pengajuan pinjaman bank yang selalu
ditolak. Ada juga yang tiap kirim selalu tanya apa ada kenaikan harga,
macam-macam. Hingga saat penambahan supplier-suplier baru. Semacam adaptasi
lagi, berbagai kelakuan ajaib supplier-suplier baru saya temui. *kompres
kepala*
Ada satu supplier yang ingin saya ceritakan keajaibannya.
Sebut Djn asal Blitar. Jika dengar suaranya via telepon, bayangan saya bapak
ini sudah sepuh. Dan nampaknya hal ini
dibenarkan oleh Mas yang sudah pernah bertemu dengan beliau. Bapak Djn ini
merupakan ayah dari dua supplier lama saya, Tkt dan Ktn. Usaha penggergajian
kayu rupanya turun temurun, tapi Djn ini tidak akur dengan Tkt. Bagaimana
jelasnya, saya kurang tahu.
Saat kiriman kayu pertamanya, saya menagih invoice atau kuitansi sebagai syarat
pengajuan pembayaran. Biasanya saya kirim sms jumlah barangnya lalu akan saya
jelaskan kembali via telepon. Kejadiannya hingga sore tidak ada respon. Saya
coba menghubungi beliau.
“Dengan pak Djn?”, tanya
saya
“Inggih, sinten
nggih?”, jawabnya
“Saya Fitri dari
Sfw pak. Invoice apa bisa hari ini? Karena hari ini saya ajukan untuk
pembayaran besok”
“Inpois nopo toh
mbak’e? Bayar kayuku kapan?”, responnya
-mati-
“Untuk pembayaran
kan harus disertai in….”,
“Walah mbak’e..
Saya ndak tau yang begituan. Saya kirim bahan, saya terima uang. Kok ini…
Haduuuuuh. Saya tanya anak saya dulu”
Usaha kedua.
“Pak Djn, ini Fitri
pak…”, dan langsung dipotong…
“Nggih, nggih piye
mbak? Kayu saya masuk berapa?”
“Reng Kecil 6458
Reng Besarnya 512 pak. Pembayarannya…”, dipotong lagi
“Loooh… Kok banyak selisihnya? 200an RB
saya hilang dong mbak.. Wah, ga bener ini”, *saya mulai mules*
“200an RB afkir karena pecah pak…”, lagi-lagi dipotong
“200an RB afkir karena pecah pak…”, lagi-lagi dipotong
“Saya telepon orang
lapangan saja….”, telepon ditutup sepihak.
*deep breathe*
Mencoba menghubungi lagi untuk kejelasan invoice.
Mencoba menghubungi lagi untuk kejelasan invoice.
“Bagaimana pak,
sudah clear ya masalah afkir. Untuk invoicenya bagaimana?”
“Loh.. Kan sudah
saya bilang, saya ga tau begituan mbak! Kok ga ngerti juga sih!!”,
“Kan tadi bapak mau
bilang tanya dulu ke anaknya.. Kalau tidak ada invoice, pembayarannya ditunda..”,
mencoba santaiii
“LOH.. KOK GA DIBAYAR KAYU SAYA? GA BENER
KAMU INI MBAK!!”,
“Pak Djn, bukan
tidak dibayar.. Tapi ditunda hingga saya terima invoice dari bapak”, ngomongnya
sambil nahan emosi
“KAN SAYA SUDAH
BILANG…”, kali ini saya potong omongannya
“Iyaaa… Bapak ga tau yang begituan. Tadi
katanya mau tanya anaknya duluuuu….”. ga kalah emosi
“Saya ga bisa, saya masih kasih makan
ayam di kandang”.
“………………………………………………….”
*nangis*
Mengingat percakapan ini makin membuat saya mules, saya
ijin menutupnya dan janji akan menghubungi lagi. Hal selanjutnya adalah mencari
Mas.
“Pak, Djn ini
gimana pak? Saya minta invoice malah ngomel masa?”
“Waduh, iyaa.. Saya
lupa bilang. Bisa dibuatin sendiri ga Fitt? Orangnya ga tau yang gitu2an.
Taunya terima uang. Tua banget orangnya, ayahnya pak Tkt”, jawab Mas
“Pantes. Bisa minta
tolong ditanyin nomor rekeningnya ga pak?”
“Boleh”. Si Mas
mencoba menghubungi Djn
“Halo.. Pak Djn.
Mas niki pak”
“Oh, nggih pak. Wau
anak buah sampean telpon njuk inpois opo toh pak. Aku iki ra paham”
“Nggih, pak.. Niku
kulo aturaken mawon. Sak meniki kulo badhe nyuwun nomor rekening kangge
transfer pak”
“Ohhh… Nggih,
nggih. Saget dieja’aken pak?
“Suruh sms aja
kenapa sih”, saya nyamber
“Ga bisa sms”, bisik
Mas
“Pantes, aku ga
direspon”.
“Kulo tasih wonten
kandang pak. Mengke telepon malih nggih?
Setengah jam kemudian…
“Pak Djn, sampun?”,
tanya Mas
“Loh sak niki toh
Mas?”, saya mendelik
“Loh.. Lah nggih
toh pak. Kulo telepon malih 10 menit nggih”, Mas nyengir ke saya, saya
melengos.
10 menit kemudian…
“Mas niki pak..”
“Niki pak..
Nomernipun… 123456789”
“Bank-nipun nopo pak?”
“BCA”
“Oh.. BCA”
“Bank-nipun nopo pak?”
“BCA”
“Oh.. BCA”
“Cabang sama nama
account-nya pak”, saya kasih kode ke Mas
“Cabang pundi pak?
Kaliyan namanipun njenengan”
“Cabang Blitar loh
pak..”, jawab pak Djn
“Nama account
njenengan pak?”, tanya Mas
Sambil ketawa akrab, pak Djn menjawab….
“Walah, pak…
Njenengan mlebet bank-nipun ngomong Djn meniko sampun kenaaaaall~~~”, sambil
ketawa yang saya dengernya ketawa sombong
Satu lantai serentak ketawa ngakak mengingat setiap
obrolan mereka karena Mas yang teleponnya diloudspeaker.
HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.
Iya, emosi saya seketika hilang. Lah dipikir semua bank
kek bank deket rumahnya? Seterkenal apa sih pak Djn ini di kampungnya ya
Tuhaaaaaan…
Saya menjerit dalam hati. Hati-hati.
Sepulang kantor, kejadian ini masih bikin saya ketawa
sendiri. Membayangkan bagaimana ajaibnya supplier saya satu ini. Saking
polosnya sampe ngeselin sih menurut saya. Punya banyak uang dengan sifatnya
yang polos dan cenderung kuno hingga terkesan bodoh, entah mengapa menurut saya itu bukan pasangan
yang bagus. Khawatir saja jika nantinya sifat bapak ini dimanfaatkan orang-orang jahat di sekitarnya untuk mengambil uangnya. Bisa saja.
Hanya yang hingga hari ini saya segani adalah, beliau
masih mau bekerja di usia senjanya. Ga bisa ga kerja katanya. Termasuk kandang-kandang
ayam yang beliau sebuat tadi, menurut cerita itu memang termasuk usaha kecilnya
di sana. Ya meskipun setiap minggunya pasti akan adaaaaa aja ulahnya yang bikin
saya pengen gulung-gulung di di bawah kubikel.
Iya, masih banyak hal-hal ajaib yang saya hadapi dengan
bapak ini.


0 comments